Glaxy Zone: asal usul benua

asal usul benua


Pangea Asal Usul Benua di Dunia


Pernahkah Anda tahu, bahwa pada zaman dahulu benua-benua di dunia yang kita lihat seperti sekarang merupakan satu kesatuan benua yang disebut Pangea?.. Sebenarnya Pangea ini adalah sebuah teori. Dimana isi teori Pangea tersebut adalah sebuah teori yang menyatakan bahwa jutaan tahun yang lalu semua benua bergabung bersama dalam satu daratan besar yang disebut Pangea. Sebelum akhirnya membantuk benua-benua seperti sekarang yang terdiri dari 5 buah benua.

Lalu, karena adanya suatu alasan yang masih belum diketahui secara pasti, benua-benua tersebut pecah dan mulai hanyut dalam arah yang berlawanan. Dalam teori selanjutnya mengatakan bahwa benua-benua tersebut akan terus melayang sampai mereka bertemu lagi, tetapi dalam konfigurasi yang berbeda. Beberapa ahli yakin bahwa pangea memiliki karakteristik yang sama dengan Antartika sekarang.

Teori Pangea didasari oleh teori Alfred Wegener,seorang Ilmuwan Jerman. Pada Tahun 1920 dalam buku The Origin of Continents and sea (Entstehung Die Kontinente und der Ozeane), Dia menyatakan bahwa semua benua itu pada satu waktu membentuk satu superbenua Pangea, sebelum kemudian putus dan hanyut ke lokasi yang seperti sekarang ini.

Pada zaman dahulu benua yang disebut Pangea ini diibaratkan sebagai sebuah batu apung yang bergerak karena diakibatkan oleh adanya pergerakan lempengan-lempengan di bawah kulit bumi. Kemudian, benua Pangea ini mulai memecahkan diri menjadi benua atau daratan yang lebih kecil yang diberi nama Laurasia (membentuk daratan belahan selatan seperti Amerika latin, Afrika, India, Antartika, Australia, Selandia baru, New guenea, dll) dan Gondwanaland (membentuk daratan belahan utara seperti Amerika dan Eropa) yang telah terjadi selama periode Jurassic atau zaman dimana para dinosaurus hidup.

Lalu, ketika pada akhir periode Cretaceous. Benua-benua yang ada, sudah sama dengan benua-benua yang seperti sekarang ini atau sudah menjadi 5 benua. Ketika saat benua Pangea terbentuk, daratan-daratan yang menjadi benua sekarang ini mempunyai daratan penghubung atau jembatan benua yang menghubungkan benua Amerika bagian selatan atau Amerika latin, Afrika, India, Austral
ia dan Antartika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Glaxy Zone Urang-kurai